Mudah Mana Bayar PBB Secara Online atau Offline

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank. Seperti namanya, PPOB adalah suatu sistem pembayaran yang menggunakan jasa layanan perbankan. Jadi, seseorang yang mendaftar menjadi agen PPOB online akan membantu para konsumen melakukan pembayaran berbagai macam kebutuhan seperti PLN prabayar dan pasca bayar, PDAM, iuran BPJS Kesehatan, cicilan leasing mobil atau motor, serta cek PBB online. Tidak hanya itu, sistem PPOB juga dapat mengakomodasi pembelian tiket kereta api, pesawat terbang, sampai reservasi hotel di tempat berlibur sesuai dengan jadwal. Keistimewaan dari PPOB adalah menggunakan sistem real time online.

Yang dimaksud dengan sistem real time online adalah proses pencatatan suatu pembayaran pada saat itu juga. Jadi, misalnya ada konsumen yang melakukan cek PBB online dan membayarnya, maka secara otomatis perekaman bisa dilakukan pada detik itu juga. Apabila diperlukan, maka struk atau bukti pembayaran juga bisa dicetak. Karena itu, syarat utama seseorang yang ingin menjadi agen PPOB online selain laptop, smartphone dan koneksi internet adalah printer. Bukti pembayaran apa saja bisa langsung diprint selama terkoneksi dengan laptop server. Hal ini memungkinkan pembayaran dilakukan kapan saja dan dimana saja. Jenis pembayaran PBB secara online ini cocok bagi mereka yang sibuk bekerja.

Cek PBB OnlinePembayaran PBB secara offline masih banyak dilakukan beberapa orang terutama yang khawatir proses onlinenya akan rumit. Namun, hal ini sebenarnya adalah pemikiran yang kurang tepat. Karena sistem PPOB sudah terintegrasi standar pelayanan paling modern sehingga konsumen hanya perlu membayar sejumlah uang untuk cek PBB online. Semua urusan yang berkaitan dengan input data atau pencetakan struk langsung diberikan pada agen PPOB yang bersangkutan. Jadi, konsumen tidak perlu khawatir untuk tidak bisa mengakses pembayaran secara online ini. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa pembayaran PBB via online lebih cepat dan praktis dilakukan. Apalagi jika jam kerja di kantor sama persis dengan jam operasional kantor pajak.

Meskipun cek PBB online lebih mudah dilakukan daripada sistem offline, sebenarnya jika pembayar pajak tidak keberatan maka sistem offline pun bisa dilakukan. Tinggal mendatangi kantor pelayanan pajak pada jam operasionalnya saja, lalu melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang dibebankan. Masing – masing ukuran bangunan memiliki standarnya sendiri. Namun, pada umumnya jumlah tagihan sudah diterangkan dan tidak jauh berbeda dari tahun – tahun sebelumnya selama tidak ada perubahan pembangunan. Apabila ingin menanyakan beberapa informasi tentang PBB, maka sebaiknya melakukan pembayaran secara offline langsung di kantor pajak. Hal ini akan memudahkan akses untuk bertanya sesuai dengan kebutuhan masing – masing orang. Selain itu, ada juga banyak jenis pajak yang dibebankan seperti pajak penghasilan, pajak hadiah, dan sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *