Perbedaan Kontraktor dan Pemborong ?

Bagi orang awam yang tidak mengenal dunia arsitek dan sebagainya menilai bahwa kontraktor dan tukang bangunan atau pemborong terdengar sama saja, yaitu mereka memiliki kesamaan dalam mengerjakan proyek pembangunan rumah anda. Pada dasarnya kontraktor dan pemborong itu berbeda dan masing-masing memiliki ciri khusus yang dapat dibedakan. Jangan salahartikan kontraktor dengan pemborong ya!

Tukang Bangunan Online Sejasa

Kontrakor

Apabila anda ingin membangun atau merenovasi sebuah rumah dibutuhkan kontraktor untuk meringankan kerjaan anda. Kontraktor sebagai pihak yang melaksanakan proses pembangunan. Kontraktor sendiri memiliki pengertian orang atau badan usaha yang menerima dan melaksanakan pekerjaan sesuai dengan biaya yanng ditetapkan berdasarkan gambar atau desain, peraturan dan syarat-syarat yang ditetapkan. Kontraktor yang bertanggung jawab untuk memberikan proses kerja berdasarkan kontrak yang sudah disepakati. Selain itu kontraktor juga memiliki izin usaha dan biasanya mereka para kontraktor memiliki tingkat pendidikan yang pada umumnya tingkat universitas. Selain itu, kontraktor juga melakukan suatu proyek yang dilakukan oleh tenaga ahli atau profesional. Mengingat kontraktor adalah sebuah badan usaha yang sudah mendapat sertifikat, tentu kontraktor memiliki jaminan dan garansi yang diberikan kepada pelanggan yang akan membuat customer lebih percaya.

Pemborong

Berbeda dengan kontraktor, pemborong pada umumnya bersifat perorangan. Pemborong biasanya tidak memiliki izin usaha karena sifatnya perorangan. Pada umumnya pemborong tidak memiliki tingkat pendidikan yang setinggai kontraktor. Jadi mereka melakukan renovasi atau membangun rumah sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya. Kenyataan dilapangan, pemasaran yang dilakukan oleh pemborong juga dilakukan dari mulut ke mulut. Proyek yang dikerjakan juga berdasarkan pengalamannya dalam membangun atau merenovasi rumah. Namun bukan berarti kualitas pekerja pemborong selalu lebih buruk dibandingkan dengan kontraktor. Memang hal ini membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi bagi pelanggan khususnya berdasarkan pengalaman. Jika anda memiliki anggaran yang tidak cukup banyak sebaiknya pilih jasa tukang bangunan borongan agar tukang dapat bekerja dengan cepat, namun tetap pantau pengerjaannya biar tidak asal cepat selesai.

Jadi, mana yang lebih baik ?

Sebelum anda memilih diantara keduanya, anda harus mempertimbangkannya dengan mantap. Semua tergantung dari kebutuhan kita terhadap jasa yang akan kita gunakan. Jika anda ingin memilih jasa yang murah untuk rumah atau bangunan yang tidak terlalu besar, anda mungkin bisa menggunakan tukang bangunan atau jasa pemborong. Namun, jika anda mementingkan jasa kontrsuksi yang profesional, terpercaya dan memiliki etos kerja yang baik serta memiliki finansial support yang baik, maka jauh lebih baik jika memilih jasa kontraktor. Apabila Anda memutuskan memakai jasa kontraktor, sebaiknya Anda yakin bahwa kontrak yang diajukan oleh kontraktor sudah Anda baca dan pahami isinya, tanyakan kepada sang kontraktor serta dari sumber-sumber lainnya bila ada yang kurang Anda pahami.

Keduanya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itu semua tergantung dari anda akan memilih yang mana. Memang pada umumnya kontraktor lebih mahal daripada pemborong karena dikerjakan oleh orang yang profesional di bidangnya. Namun, tidak menutup kemungkinan pemborong juga lebih profesional daripada kontraktor karena pengalaman kerjanya selama proses pengerjaan proyek.

Apabila anda tidak memiliki anggaran yang cukup untuk menyewa kontraktor dan anda ingin mencari jasa pemborong yang profesional dan terpercaya, anda bisa mencarinya melalui jasa tukang bangunan online. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tak sedikit jasa pemborong atau tukang bangunan memasarkan jasanya melalui online. Di situ anda bisa melihat-lihat profil dari tukang bangunan tersebut.

Jadi, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk memilih kontraktor atau pemborong ya. Pikirkan desain sebaik dan semaksimal mungkin. Pikirkan juga perencanaan yang matang sebelum membangun atau merenovasi rumah anda, karena pada akhirnyaa semua menyangkut kenyamanan keluarga seumur hidup di rumah tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *