Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Memakai Box Motor

Memakai aksesoris motor memang selalu menjadi trend tersendiri bagi para pengendaranya di Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, ada salah satu aksesoris yang sangat diminati oleh para pengendara motor, yakni box motor . Mereka menaruh kotak-kotak ini agar motor mereka terlihat lebih besar, dan juga kotak tersebut dapat dimanfaatkan untuk menaruh berbagai barang dan juga tas Anda untuk membuat perjalanan juga lebih aman. Namun memakai box pada motor Anda tidak bisa sembarangan saja ditaruh, harus ada beberapa hal yang diperhatikan supaya tidak melanggar peraturan pemerintah Indonesia. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan terutama bagi Anda yang masih awam dengan aksesoris ini:

box motor

  • Ukuran Box

Sebelum memasangnya, Anda harus mengukur panjang, lebar dan tinggi dari kotak tersebut. Karena jika lebarnya melebihi stang motor Anda, maka saat Anda sedang mengendarainya di jalanan, bisa saja polisi yang melihatnya menilang Anda. Hal ini bertentangan dengan Pasal 13 ayat 4 tentang pengangkutan barang yang menggunakan motor. Selain itu, tinggi kotak tersebut tidak boleh sampai lebih dari 900 millimeter yang dihitung mulai dari permukaan tempat duduk pengemudi motor. Jika Anda mengabaikannya, maka pasti akan segera di tilang jika polisi melihat kotak pada bagian belakang motor Anda ini. Namun tidak perlu khawatir, kotak pada dewasa ini yang dijual di toko maupun toko online di beberapa situs jual beli online pun sekarang sudah disesuaikan dengan peraturan tersebut.

  • Mencoba Mengendarai Motor

Sesudah box motor dipasang, akan lebih baik jika Anda melakukan uji coba untuk menyetirnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melewati jalanan yang penuh dengan lika-liku, jalan dan juga berhenti. Hal ini sangat penting agar dapat melihat apakah dengan adanya kotak tersebut membuat kita menjadi kaku dalam berkendara atau membuat kita menjadi limbung ketika berbelok atau sedang berjalan. Serta menguji apakah masih bisa stabil saat mengendarainya jika ditambahkan kotak tersebut.

  • Kontrol Kecepatan

Mengontrol kecepatan berkendara juga sangat penting untuk diperhatikan jika sudah memasang kotak tersebut pada bagian belakang motor kita. Ketika sedang melewati jalanan yang lapang dan lurus, serta saat sedang turun hujan dan jalanan yang basah, lebih baik mengurangi kecepatan motor karena berat dan juga ukurannya sudah berubah menjadi lebih lebar dan berat. Bisa saja angina yang datang dari arah samping tersebut dapat mendorong motor sehingga terjatuh jika membawanya dengan kencang. Dan saat kotak sudah terisi penuh, kecepatan maksimalnya adalah 100 km/jam atau 80 km/jam untuk lebih amannya.

  • Jenis Barang

Jenis barang juga harus diperhatikan saat sudah mempunyai kotak pada bagian belakang motor. Jangan memasukan barang apa pun yang mudah terbakar ke dalam kotak tersebut, misalnya seperti cat kaleng, pemantik api, bahan bakar, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan barang tersebut pasti dibekap di dalamnya sehingga tidak ada udara yang masuk, jika cuaca sedang terik, maka suhu udara di dalam kotak tersebut akan terasa lebih panas dan juga adanya guncangan-guncangan selama perjalanan juga dapat menimbulkan percikan api dan berujung dengan motor Anda meledak.

  • Perhatikan Jarak

Selain beberapa hal di atas, memperhatikan jarak antara motor Anda dengan kendaraan lain juga sangat penting. Karena adanya box motor, maka bentuk serta ukuran sudah bertambah besar. Sedangkan lalu lintas di kota besar seperti Jakarta selalu padat dan memaksa untuk menyalip. Perhatikan jarak antar kendaraan ketika hendak menyalip agar tidak menyenggol kendaraan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *