Simak 4 Metode Bayar Iuran BPJS yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Anda

Bagi Anda yang masih bingung mengenai tata cara bayar iuran BPJS maka baiknya bertanya ke tetangga atau orang sekitar. Sebab dijamin semua orang sudah tahu metode pembayarannya apa saja yang memang lumayan banyak dan Anda bebas memilih yang dirasa paling sesuai. Apabila sering menikmati kegiatan belanja online, maka bisa sekalian membayar iuran tersebut ke salah satu situs jual beli online terpercaya yang Anda kunjungi. Namun, Anda tidak perlu gusar sebab metode pembayarannya sendiri tidak hanya berbasis online tersedia pula metode pembayaran konvensional.

Metode pembayaran ini memang sepertinya sengaja dibuat beragam demi kenyamanan para peserta dalam menunaikan kewajiban iuran tersebut. Sehingga bisa meminimalkan kejadian peserta yang lalai melakukan pembayaran karena susah menjangkau kantor BPJS, tidak punya ATM, atau alasan lain sehingga menunggak panjang. Padahal selama tidak dibayarkan kartu BPJS dianggap mati dan tidak bisa menikmati fasilitas kesehatan yang disediakan.

Bayar Iuran BPJS

Metode Pembayaran BPJS yang Musti Diketahui

Tentu sangat disayangkan, dan untuk mengaktifkannya kembali Anda perlu antri panjang ke kantor BPJS di kota Anda. Mumet bukan? Maka rajinlah membayarnya, dan pilih salah satu dari beberapa metode berikut yang dirasa paling mudah:

  1. Membayar langsung ke petugas BPJS,

Metode paling konvensional untuk melunasi kewajiban Anda sebagai peserta BPJS lewat iuran bulanan adalah datang ke kantor BPJS terdekat. Bertemu dengan petugas dan berniat melakukan pembayaran iuran secara langsung, metode ini memang banyak ditinggalkan karena tidak praktis namun tetap masih bisa Anda pilih.

  1. Membayar via layanan perbankan,

Bagi Anda yang sudah tercatat sebagai nasabah di beberapa bank yang sudah menyediakan fitur bayar iuran BPJS. Maka bisa memakai layanan perbankan tersebut untuk menunaikan kewajiban membayar iuran BPJS tadi. Metodenya tentu beragam, mulai dari transfer lewat mesin ATM dan jika dirasa kurang praktis bisa menggunakan layanan internet dan mobile banking. Hanya saja dua pilihan terakhir tidak memberikan struk bukti pembayaran, namun perlu dicek lewat rekening koran.

  1. Membayar melalui minimarket terdekat,

Opsional menarik yang dapat dipilih untuk membayar iuran BPJS adalah melalui jasa minimarket terdekat. Kini jumlah minimarket semakin banyak dan semakin komplit dalam menyediakan fasilitas pembayaran oleh masyarakat sekitar. Dimulai dari membayar belanja online, membayar tagihan bulanan seperti listrik dan air, sekaligus membayar cicilan kendaraan. Kini Anda sudah bisa membayar BPJS melalui jasa mereka sehingga cukup jalan kaki dan kewajiban pun tuntas.

  1. Membayar lewat situs BPJS online,

Kalau lebih familiar dan merasa nyaman dengan sistem pembayaran online maka Anda bisa berkunjung ke situs resmi milik BPJS Kesehatan. Melalui situs mereka disediakan fitur pembayaran secara online sehingga Anda tinggal login dan memasukan nomor virtual peserta. Opsional pembayaran online yang lebih praktis adalah membayar melalui aplikasi di smartphone yang tentunya perlu diunduh dan diinstal terlebih dahulu. tinggal bermain jari di layar smartphone maka iuran sudah dinyatakan lunas.

Metode pembayaran yang cukup banyak memberikan pilihan bagi para peserta untuk mencari dan memilih metode yang dirasa paling praktis, nyaman, dan tentunya aman. Anda tidak melulu harus antri ke kantor BPJS, tidak perlu pula harus selalu mencari mesin ATM terdekat karena bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada. Semisal mesin ATM sedang error maka bisa menuju ke minimarket dengan segera untuk bayar iuran BPJS sehingga tidak ada kemungkinan telat lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *